Sabtu, 22 Agustus 2009

Kingdom of Heaven


Walau film ini mengisahkan Balian of Ibelin (Orlando Bloom), salah seorang Ksatria Perang Salib, tapi sutradara Sir Ridley Scott menggambarkan perang salib secara netral. Bahkan inilah film barat satu-satunya yang berbicara tentang Perang Salib tanpa pretensi subyektif, semata-mata didasarkan atas sejarah itu sendiri.
Dalam film kolosal yang melibatkan 1500 figuran orang2 Maroko sendiri, sosok Sholahuddin Al Ayyubi (Ghassan Massoud) digambarkan sebagai seorang panglima perang yang adil, kokoh pendirian, penuh izzah, dan mulia. Sholahuddin dan King Baldwin sebagai King Jerussalem ternyata memiliki mimpi yang sama yaitu menjadikan Jerussalem sebagai kota milik tiga umat beragama bersama-sama yakni Islam, Nasrani, dan Yahudi. Upaya pertolongan Sholahuddin terhadap King Baldwin yang sakit lepra pun ditampilkan.
Di sisi lain, Scott Ridley berhasil menggambarkan dua tokoh Ksatria Templar yakni Reynald de Catthilon dan Guy de Lusignan yang kasar, berangasan, dan doyan perang. Peristiwa perang Salib pertama hingga futuhnya Yerussalem secara utuh ditampilkan dengan sangat menawan dan mengagumkan. Bagi yang ingin mengkaji peran Ksatria Templar (Knights Templar) dalam perang salib pertama dan juga sosok seorang Sholahuddin Al Ayyubi, ada baiknya menjadikan film ini sebagai referensi. sumber: EraMuslim Digest

Tidak ada komentar: