Minggu, 07 Desember 2008

Flash back 4

12. Pada tahun 1968, pecah beberapa kali bentrokan bersenjata melawan Israel di bumi Palestina. Dalam pertempuran di perkampungan Al-Karomah, pertahanan Palestina dibantu pasukan Yordan mampu mengalahkan zionis.

13. 11 Agustus 1969, yahudi membakar masjid Al-Aqsha. Hal ini mendorong negara-negara Arab mengadakan KTT Islam ke-1 bekerja sama dengan kerajaan Maghrib. KTT ini menghasilkan pembentukan Dewan Al-Quds.

14. Maret 1970, Amerika menggencarkan upaya damai melalui menlunya William Roger, tapi gagal setelah meninggalnya Abdun Nasher sebulan setelah menerima usulan AS.

15. 6 OKtober 1973, dalam sebuah pertempuran, tentara Mesir berhasil menyebrangi terusan Suez dan melewati perbatasan yang didirikan Israel di sisi timur Suez. Tentara Zionis
hancur lebur, tapi tiba-tiba Mesir menghentikan perang dan mengadakan perjanjian.

16. November 1974, di hadapan PBB, Yasser Arafat menyatakan kesiapan untuk melangkah ke arah perdamaian dengan Israel, sehingga PLO dianggap sebagai wakil resmi bangsa Palestina.

17. November 1977, Presiden Mesir Anwar Sadat menggegerkan dunia dengan berkunjung ke Israel dan mengadakan perdamaian setelah beberapa kali berunding dengan pemimpin Israel, Manahem Begin.

18. September 1978, Anwar Sadat menandatangani persetujuan Camp David di Washington, yang merupakan awal perdamaian Israel dengan negara-negara Arab.

19. November 1978, dalam KTT Arab di Baghdad, negara-negara Arab sepakat menolak perjanjian Camp David, sehingga Mesir diasingkan secara politik dan ekonomi oleh negara-negara Arab.

20. Juni 1981, Knesset Israel menyatakan resmi mencaplok kota Al Quds.

21. Oktober 1981, Khalid Islambuli dan beberapa kawannya memuntahkan peluru yang menewaskan Anwar Sadat. Khalid Islambuli dihukum mati.

22. 4 Juni 1982, Israel mengagresi Libanon, sebagai basis perlawanan Palestina. Dalam agresi yang terkenal dengan tragedi Sabra Syatilla ini, Israel membantai ribuan muslim sipil. Setelah Israel mengepung Beirut selama 80 hari, pimpinan PLO memutuskan untuk pindah dari Beirut menuju wilayah lain.

23. Pada tanggal 8 Desember 1987, meletusnya intifadhah yang dikoordinir oleh HAMAS, sebagai akibat tewasnya 4 pekerja Arab ditabrak Israel. Sejak inilah masalah Palestina kembali mencuat ke permukaan. Intifadhah memberi angin baru bagi jihad rakyat Palestina.

Tidak ada komentar: